Kamis, 03 Desember 2009

Memelihara Tokek

Memelihara Tokek susah-susah gampang asal kita tahu gimana sifat-sifat dasar Tokek itu sendiri, Sebelum kita memelihara Tokek terlebih sebaiknya kita tahu terlebih dahulu mengenai apa saja yang yang di butuhkan untuk memulai memelihara binatang reptil yang di sebut TOKEK

Kandang, katanya harus dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Sebaiknya terbuat dari bahan dasar kayu/papan dan salah satu permukaan kandang diberikan “kawat kasa”. Karena terbuat dari bahan dasar kayu dan kawat, kandang juga sebaiknya dicat, agar tidak mudah rusak akibat air.

Jangan lupa, di dalam kandang letakkan juga bumbung bambu atau potongan pipa paralon, untuk tempat persembunyiannya. Ukuran, tentunya disesuaikan dengan ukuran tokeknya. dan satu lagi harus disiapin tempat minum, di usahakan air minum untuk Tokek selalu bersih.

Pakan, pakan alamiah tokek adalah serangga, yang nota bene memiliki kandungan protein yang tinggi. Pakan alamian tokek adalah jangkrik, laron, ulat hongkong dan jangan sekali2 diberi makan kecoa, karena (katanya) tokek akan sakit dan bisa mati jika sering diberi makan kecoa. Agar tokek menjadi cepat besar dan gemuk, ada yang bilang diberi udang kering/ebi atau telur rebus.

Penempatan, tempatkan kandang tokek jauh dari kebisingan. Maksudnya, jangan ditempat di area yang sering ada orang lalu lalang. Katanya, tokek itu… paling ngak suka kebisingan/berisik.

Temperatur, kandang tokek harus diletakkan di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan juga tidak boleh di tempat lembab atau basah, harus di tempat yang kering. Misalnya… letakkan di teras halaman belakang rumah yang tidak terkena panas sinar matahari langsung dan tidak akan terkena hujan.

Sifat, Tokek termasuk binatang kanibal. Oleh karena itu jangan menempatkan lebih dari satu ekor di dalam satu kandang yang sama. Tapi ada juga yang bilang… boleh2 saja… satu kandang ditempati beberapa ekor tokek, tapi… cari tokek yang ukuran tubuhnya seimbang, jangan yang kecil dicampur dengan yang sudah besar, nanti takutnya tokek yang kecil bisa dimakan samatokek yang besar !!! diusahakan kalau mau menggabungkan Tokek disamakan ukurannya biar tidak saling makan . Pelu diingat bahwa binatang Tokek gampang terkena penyakit stres jadi biar tidak stres Tokek harus ditaruh di tempat yang sepi, seperti di taruh di atas pohon supaya si tokek merasa seperti dihabitannya.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Motorcycle News